Social Networking, Engagement, and Social Metrics

Web 2.0

Web 2.0 : sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi yang menekankan pada kolaborasi daring dan berbagi antar pengguna.

API (Application Programming Interface) 

Memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developertidak perlu membuat fitur yang serupa. 

Plug-Ins 

Kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Beberapa aplikasi menggunakan istilah berbeda seperti Add-on (Mozilla dan Opera Browser) dan Extension (Google Chrome). Sedangkan WordPress tetap menggunakan istilah plugin. 

Sosial Media

Manfaat Media Sosial : 

  • Collaboration
  • Communication and Engagement with Customers (Marketing) 
  • Image and Reputation Management (Public Relations) 
  • Communication and Engagement with Employees and Partners 
  • (Management) 
  • Talent Acquisition and Recruiting (Human Resources) 
  • Research and Knowledge Management 
  • Productivity and Information Utilities 
  • Fund Raising
Elemen-Elemen Penting Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

    1. Mengidentifikasi Tujuan Bisnis
    2. Tentukan Tujuan Pemasaran
    3. Identifikasi Pelanggan ideal
    4. Riset kompetisi
    5. Pilih Platform sosial media dan strateginya 
    6. Buat Strategi Konten
    7. Siapkan Anggaran dan Sumber Daya 
    8. Menetapkan tugas

Semantic Web

Perpanjangan dari World Wide Web yang memanfaatkan berbagai konvensi dan teknologi yang memungkinkan mesin memahami makna konten Web (teknik yang memungkinkan konten pada Web untuk dapat lebih dimengerti oleh komputer). Dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Prinsip Web Semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0. Dalam pembuatan aplikasi web semantik tidak semudah membuat aplikasi web biasa. Untuk membuat web semantik terdapat beberapa teknologi yang perlu dipelajari, diantaranya adalah RDF (Resource Description Framework), ontologi, query RDF, RDF Store.

Engaging Consumers with Blogs and Microblogs 

Blog 
adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (posting) pada halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Situs yang menyediakan blog gratis contohnya : 1.Blogger 2.Wordpress 3.Blogdrive 4.Live Journal 5.Multiply 

Microblogs
suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara yaitu melalui SMS (Short Message Service), pesan instan, surat elektronik, digital audio atau web.

Untuk memikat traffic pengunjung yang lebuh banyak Merch FM akan membuat akun sosial media resmi di berbagai media sosial yang populer. Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran online Merch FM dengan beberapa cara yaitu:

1.      memaksimalkan konten, membuat iklan

2.      memaksimalkan desain

3.      memberikan pelayanan yang baik

4.     memanfaatkan fitur – fitur yang ada pada media sosial.

Agar pelayanan dapat lebih fokus dan jika terjadi kesalahan dapat ditangani dengan cepat, akan lebih baik jika hanya satu atau dua macam media sosial yang digunakan.

Untuk meningkatkan pengikut dan pelanggan pada media sosial Instagram Merch FM bisa menggunakan jasa selebgram atau artis untuk mempromosikan produknya atau disebut juga endorsment. Hal ini bisa sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan. Hal ini dilakukan karena masyarakat tidak melihat citra merek itu sendiri tetapi terpengaruh dengan selebgram yang mengiklankan produk tersebut.

Selain itu, Merch FM juga akan memotret dan mengunggah gambar dengan bantuan orang yang profesional dibidangnya khususnya fotografi. Karena dengan memberikan foto produk yang menarik maka konsumen juga akan lebih memperhatikan produk tersebut.



Comments