Ide Bisnis Digital dan Analisis SWOT

Hello Logic People, sudah lama saya tidak menulis di blog.... dan tepat minggu ini adalah minggu pertama saya kuliah ofline yeay... artikel ini saya akan menuliskan tentang ide digital yang ada dalam benak saya.

"Semua bisnis bisa menjadi digital bisnis" begitulah ibaratnya jaman sekarang, Konsumen berharap untuk berinteraksi dengan bisnis kapan saja di mana saja melalui seluler aplikasi atau saluran sosial menggunakan teknologi yang mereka bawa di saku mereka. Aplikasi seluler telah mengubah bagaimana, kapan, dan di mana pekerjaan dilakukan. Karyawan dapat lebih produktif ketika mereka bekerja dan berkolaborasi dengan mudah dari perangkat genggam atau wearable mereka perangkat.

Proses bisnis memiliki tiga komponen dasar melibatkan manusia, teknologi, dan informasi.

Contoh proses bisnis yang umum adalah:

•   Akuntansi: Faktur; rekonsiliasi akun; audit

• Keuangan: Kartu kredit atau persetujuan pinjaman; memperkirakan risiko kredit dan pembiayaan ketentuan

   Sumber daya manusia (SDM): Merekrut dan mempekerjakan; menilai kepatuhan dengan peraturan; menilai prestasi kerja

•   TI atau sistem informasi: Membuat dan mendistribusikan laporan dan data visualisasi; analisis data; pengarsipan data

•   Pemasaran: Penjualan; promosi produk; desain dan implementasi penjualan kampanye; kualifikasi memimpin

•   Produksi dan operasi: Pengiriman; menerima; kontrol kualitas; inventaris pengelolaan

•   Proses bisnis lintas fungsi: Melibatkan dua atau lebih fungsi, untuk contoh, pemenuhan pesanan dan pengembangan produk

ANALISIS SWOT

Analisis SWOT, demikian sebutannya, melibatkan evaluasi kekuatan dan kelemahan, yang merupakan faktor internal, serta peluang dan ancaman, yang merupakan faktor eksternal. Contohnya adalah:

Kekuatan: Proses yang andal; kelincahan; tenaga kerja yang termotivasi

Kelemahan: Kurangnya keahlian; pesaing dengan infrastruktur TI yang lebih baik

Peluang: Pasar yang sedang berkembang; kemampuan untuk menciptakan pasar atau produk baru

Ancaman: Perang harga atau reaksi sengit lainnya oleh pesaing; keusangan

Ide saya adalah membuat platform (website) penjualan merchandise artis/public figure yang di desain oleh para penggemar/fans. Ide ini timbul sebab seniman penggemar tidak memiliki hak atas subjek sehingga tidak dapat memonetisasi karya seni mereka karena tidak “menciptakannya”. Solusi saya adalah dengan membuat platform di mana penggemar dapat mengirimkan karya seni langsung ke pemegang hak cipta dan jika disetujui, keuntungan akan dibagi dari setiap merchandise yang dijual dari desain tersebut.

Strengths

  • Website yang menarik dan responsif
  • Tanpa DP/uang muka untuk desain
  • Desain yang bervariasi
  • Kualitas Produk yang dijamin tahan lama
  • Keterbatasan produk yang hanya sekali rilis
  • Melayani pengiriman internasional
  • Barang 100% legal

Weeknesses

  • Harga loyalty cukup tinggi
  • Kekurangan koneksi dengan label/pemegang hak cipta
  • Kemungkinan barang rusak pada saat pengiriman

Opportunities

  • Kefanatikan para penggemar setia
  • Target Pasar yang meyakinkan dari tua sampai muda

Threats

  • Kenaikan harga material
  • Kompetitor barang Bootleg/palsu yang menjual murah

Comments