Arsitektur IT

Hello Logic People, Pada Postingan kali ini saya akan melanjutkan ide bisnis digital dari postingan saya sebelumnya yaitu tentang arsitektur IT.

CUSTOMER-CENTRIC BUSINESS MODEL DAN PRODUCT CENTRIC MODEL

Customer-centric business models 

berusaha untuk menciptakan solusi atau pengalaman terbaik bagi pelanggan. 

Product-centric models 

secara internal berfokus pada penciptaan produk terbaik 

Dengan menciptakan customer-centric business model, Intel Security dapat melacak apa yang berfungsi untuk pelanggannya dan apa yang tidak. Menggunakan teknologi digital dan analitik data untuk memahami titik kontak pelanggan akan memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan dengan cara yang berarti. Berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan, dapat meningkatkan pendapatan dan mencapai sasaran pertumbuhan perusahaan.

DIRTY DATA

Data pelanggan berkualitas buruk, sehingga berdampak : 

a) Tidak dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan. 

b) Perusahaan tidak dapat secara efektif melakukan Cross-Sell (menjual produk/jasa pelengkap) dan Up-Sell (menjual model atau fitur yang lebih mahal) 

c) Peluang untuk membuat pelanggan memperbarui lisensi perangkat lunak dan membuat mereka loyal — hilang. 

d) Menurunkan perkiraan penjualan dan menyebabkan kesalahan pemrosesan pesanan. 

e) Banyak waktu terbuang untuk mencari, memvalidasi, dan mengoreksi catatan pelanggan. 

f) Strategi pertumbuhan tidak dapat dicapai. 

DATA GOVERNANCE

adalah kontrol data perusahaan melalui kebijakan dan prosedur formal untuk membantu memastikan bahwa data dapat dipercaya dan dapat diakses. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan melalui titik kontak pilihan mereka, seperti Online Chat / Media Sosial. Karena konsumen menggunakan media sosial untuk menilai merek, mengekspos layanan buruk, dan melampiaskan rasa frustrasi mereka.

MANFAAT DATA GOVERNANCE DAN MDM 

  • Master data management (MDM) metode menyinkronkan semua data bisnis penting dari sistem yang berbeda menjadi file master, yang menyediakan sumber data yang terpercaya. 
  • MDM telah meningkatkan kualitas data pelanggan Intel Security, yang penting untuk customer-centric business model. 
  • Dengan data berkualitas tinggi, perusahaan mampu mengidentifikasi peluang Cross-Sell dan Up-Sell.

Manfaat utama menerapkan tata kelola data dan arsitektur MDM adalah: 

  • Pengalaman pelanggan yang lebih baik 
  • Loyalitas dan retensi pelanggan yang lebih besar 
  • Meningkatnya pertumbuhan penjualan 
  • Perkiraan penjualan yang akurat dan pemrosesan order

Manajemen informasi 

adalah penggunaan alat dan metode TI untuk mengumpulkan, memproses, mengkonsolidasi, menyimpan, dan mengamankan data dari sumber yang sering terpecah-pecah (fragmented) dan tidak konsisten. o Sebagian besar bisnis berhasil atau gagal berdasarkan kualitas datanya. keputusan yang efektif bergantung pada sistem yang mampu menyediakan data untuk pengambil keputusan secara tepat waktu.

Data Centers, Cloud Computing, and Virtualization 

Data Center (pusat data) adalah sebuah ruangan yang di rancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Pusat data juga mengacu pada bangunan atau fasilitas yang menampung server dan peralatan. Data center dibagi menjadi 2 kategori : 

  • Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider. 
  • Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya. 

Ruangan data center harus memenuhi syarat tertentu agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun virtual sehingga data yang ditempatkan pada server di data center dapat selalu mudah dan cepat di akses oleh para pengguna. 

Kriteria Data Center : 

  • AMAN. Lokasi data center di wilayah yang aman dari banjir, gempa bumi dan longsor, gangguan demo anarkis, dan gangguan lainnya
  • HANDAL. Memiliki kehandalan dalam pengaksesan data oleh para penggunanya
  • SKALABILITAS. Memiliki fleksibilitas dalam memberikan layanan ke pelanggan, seperti kemudahan dalam mengatur skala penggunaan server 

Struktur organisasi adalah gambaran dari serangkaian tugas yang bertujuan agar semua karyawan yang berada dalam suatu organisasi dapat bekerja sama supaya tujuan perusahaan dapat tercapai. Oleh sebab itu, struktur organisasi Toko  harus disesuaikan dengan kondisi dan jumlah pekerja/karyawannya serta menggambarkan garis wewenang dan tanggung jawab yang jelas antara bagian-bagian yang ada dalam toko tersebut. Adapun bagan struktur organisasi dan sistem kerjanya sbb:

  •      Calon Pembeli

1.      Calon pembeli memasuki website dan melihat data merchandise di halaman ini calon pembeli belum melakukan login (guest).

2.      Calon pembeli diarahkan untuk melakukan register dan memasukkan beberapa data password dan nama lengkap untuk proses pendaftaran.

3.      Setelah register calon pembeli sudah mempunyai akses login.

4.      Sebelum membeli merchandise akan diarahkan untuk memilih ukuran jika barang yang dipilih mempunyai berbagai ukuran.

5.      Setelah melengkapi data pribadi calon pembeli dapat melakukan booking merchandise sesuai pilihannya.

6.      Setelah melakukan pembayaran diwajibkan untuk verifikasi pembayaran dan jika sudah terverifikasi status calon pembeli berubah menjadi pembeli.

7.      Jika pembeli tidak menyelesaikan pembayaran, maka pemesanan mercahndise yang sudah di booking akan dilepaskan otomatis

 

  •        Pembeli

1.      Pembeli masuk website.

2.      Lalu melakukan login.

3.      Saat mendapatkan session login pembeli dapat mengelola data pribadi.

4.      Pembeli dapat melihat invoice pembelian.

5.      Pembeli menerima e-mail dari admin berisi nomor resi pengiriman.

 

  •    .   Pengelola atau Admin

1.      Pengelola memasuki halaman utama website.

2.      Lalu login dan langsung menampilkan dashboard admin yang didalamnya terdapat berbagai fitur untuk mengelola kost.

3.      Dapat mengelola data merchandise.

4.      Mempunyai akses konfirmasi pembayaran pembeli atau calon pembeli.

5.      Dapat menampilkan laporan.

6.      Dapat mengelola data pembeli seperti melihat data pembeli, data pengiriman paket dan lainnya.

Bahasa pemrograman, plugin dan kerangka kerja yang digunakan

  •  .     PHP

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun web ini PHP (bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk web development) karena kemudahan dan keunggunlan yang ditawarkan dan mayoritas web dibangun menggunakan PHP.

  •  .      Mysql

Website ini menggunakan RDBMS (Relational Database Management System) yaitu MySQL karena menggunakan perintah dasar SQL yang sudah cukup familiar dan mudah dipahami, database yang akan digunakan pada aplikasi ini tidak terlalu besar dan MySQL mendukung operasi relasi.

  • .       Bootsrap 5

Bootsrap 5 adalah framework dari css yang memungkinkan dapat membangung website dengan tampilan menarik dalam waktu yang singkat. Framework ini juga menggunakan javascript dari bagiannya agar tampilan web lebih dinamis seperti menampilkan modal, menyembunyikan sidebar dan masih banyak lainnya.

  •  .      Datatable

Datatable adalah plug-in jquery untuk menampilkan data berupa tabel yang memiliki berbagai fitur seperti search, pagination dan pengolahan data lainnya. Berguna untuk menampilkan data transaksi, data pembeli, data karyawan (jika ada), tagihan dan lainnya.

TPS (Transaction Processing System)

Menggunakan metode Real Time Processing karena proses update data merchandise terisi secara langsung (slot terisi) saat pembayaran dan syarat – syarat calon pembeli telah diverifikasi oleh administrator.

DSS (Decision Support System)

Mengambil keputusan secara rutin jika masa sewa kost telah habis dan secara otomatis akan mengirimkan nontifikasi kepada pembeli maupun administrator atau skenario penagihan sewa kost saat waktu sewa habis.

Tempat penyimpanan

Karena aplikasi ini berbasis web dan memuat data sensitif seperti data pribadi pembeli maka dapat menggunakan web hosting yang sudah teruji dan terpercaya. Contoh : Niagahoster karena sudah menggunakan data center tier IV.

Virtualisasi

Website merch FM menggunakan virtualisasi VMware dikarenakan VMware memiliki performa bagus dan efisien dalam pengunaan resource server, serta memiliki banyak fitur unggulan seperti Vmotion yang mampu mengelola high availability. High availability adalah konsep yang dikembangkan agar sebuah layanan tidak pernah mengalami down.


Comments