Search, Semantic, Recommendation
SEARCH ENGINE
Teknologi search engine menjadi alat bisnis yang penting dalam menghasilkan pendapatan dan kesadaran konsumen untuk organisasi Search Engine adalah aplikasi untuk mencari halaman web atau konten lain (misalnya, dokumen, file media) di jaringan komputer. Mesin pencari berbasis web populer termasuk Google, Bing, dan Yahoo. Fungsi Search Engine
- Memudahkan mencari alamat website atau blog
- Sarana mencari informasi
- Efektif untuk Browsing
- Memiliki bahasa pencarian yang lengkap o Sumber finansial
Ketika user menuliskan kata kunci (keyword) pada mesin pencari, maka sistem akan memproses pencarian dengan mencari, mencatat dan menyusun kata dalam sebuah data base yang sangat besar. Dengan cara mengambil informasi pada situs web termasuk dalam tag konten utama dan atribut, seperti judul tag dan hasilnya adalah jawaban dari kata kunci yang diinginkan oleh user.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari
Website Merch FM menggunakan metode SEO untuk meningkatkan
traffic pengunjung. Penerapan SEO akan dilakukan dengan beberapa tahapan
sebagai berikut :
- Mencari Keyword
Riset kata kunci (keyword research) merupakan kegiatan untuk mencari dan menganalisa kata kunci yang akan dijadikan sasaran untuk suatu website . Google Keyword Planner digunakan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian target kata kunci di search engine.
1. 2. On-Page dan Off-Page Optimization
· On-Page
Optimization
Merupakan
sebuah teknik SEO yang difokuskan untuk optimasi pada internal website.
Optimasi akan dilakukan pada bagian title tag, meta description, meta keywords,
heading, dan image. Website juga akan dibuat responsive untuk penggunaan
smartphone.
· Off-Page
Optimization
Merupakan langkah optimasi SEO terhadap suatu website yang dilakukan diluar halaman (eksternal) website seperti social share, penggunaan dummy blog dan video submission untuk menambah backlink.
1.
3. Pendaftaran Situs Web ke Search Engine
URL
website akan didaftarkan pada Google Webmaster Tool agar dikenali oleh search
engine.
Setelah melakukan
optimasi maka diperlukan tools untuk mengetahui seberapa besar dampak dari
penerapan SEO, salah satu dampak dari penerapan SEO adalah traffic pengunjung
meningkat. Untuk mengetahui jumlah pengunjung pada website maka digunakan tools
Google Search Console dan Google Analytics.
Comments
Post a Comment